Kamis, 19 Agustus 2021

PERMATA NASIHAT : SEMANGAT MENGAJI


PERMATA NASIHAT


════════ •❀•◎﷽◎•❀• ════════


🔥 Semangat Mengaji 🔥

Seringkali kita merasakan malas ketika ingin mengaji sehingga membuat niat kita menjadi tidak mantap untuk menuntut ilmu agama bahkan hingga melewatkan jadwal ngaji tersebut... Lalu bagaimana caranya agar kita bisa istiqamah untuk ngaji??

1️⃣ Amalan lebih langgeng jika niatan ikhlas

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

وما لا يكون له لا ينفع ولا يدوم

“Segala sesuatu yang tidak didasari ikhlas karena Allah, pasti tidak bermanfaat dan tidak akan kekal.”  (Dar-ut Ta’arudh Al ‘Aql wan Naql, 2: 188).


Para ulama juga memiliki istilah lain,

ما كان لله يبقى

“Segala sesuatu yang didasari ikhlas karena Allah, pasti akan langgeng.”


Karena tidak ikhlas, membuat amalan kita tidak langgeng. Kadang jadi malas di tengah jalan gara-gara ketika beramal hanya ingin raih pujian. Kadang karena tidak ikhlas, kita pun sulit istiqamah. Bahkan kita pun mudah dilupakan ketika jasad kita telah berada di alam barzakh karena kurang ikhlas dalam karya dan usaha kita. Ikhlas itu begitu penting bagi kita. Sesuatu yang dilakukan ikhlas karena Allah, pasti akan terus langgeng.


2️⃣ Mengamalkan ilmu

Mengamalkan ilmu membuat seseorang semakin kokoh dan semangat untuk meraih ilmu lainnya. Sedangkan enggan mengamalkan ilmu adalah sebab hilangnya barokah ilmu. Bahkan karena tidak mengamalkannya, itu bisa jadi argumen untuk menjatuhkan diri seorang penuntut ilmu.

Jika seseorang mengamalkan ilmu, maka Allah akan semakin memudahkan ia mendapatkan taufik untuk meraih ilmu lainnya. Selain itu, mengamalkannya semakin menolongnya membedakan antara yang benar dan yang keliru. 

Allah Ta’ala berfirman,

‡يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.


3️⃣ Bergaul dengan orang-orang yang shalih

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita agar bersahabat dengan orang yang dapat memberikan kebaikan dan sering menasihati kita. Karena dengan sahabat baiklah yang membuat agama kita semakin kokoh.


4️⃣ Bersifat pertengahan

Di antara sebab yang membuat seseorang cepat futur dalam belajar adalah sikap terlalu berlebihan (ekstrim). Terlalu menekan dirinya untuk belajar tanpa mengenal waktu, tanpa istirahat badan dan tidak memperhatikan tubuhnya.

Kita mesti bersikap pertengahan termasuk pula dalam belajar agar sikap semangat bisa terus dijaga.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menasihati 'Abdullah bin 'Amr,

"Dirimu itu memiliki hak yang mesti diperhatikan. Begitu pula keluargamu memiliki hak yang mesti diperhatikan" (HR. Ahmad, 2:200. Sanad hadits ini hasan)


5️⃣ Perbanyak doa kepada Allah agar tetap terus semangat

Di antara doa yang bisa diamalkan,

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". (QS. Ali Imran: 8)


Doa yang paling sering Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam panjatkan adalah,

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

"Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”


📖 Sumber Inspirasi:

Ustadz Muhammad Abdul Tuasikal, S.T., M.Sc., Agar Bisa Istiqamah dalam Ngaji, Buletin Remaja, Rumaysho.com

=========================

🍃UKM BAQI🍃

Generasi Qurani, Allahu Akbar.

Website : baqi.or.id

E-mail : ukmbaqiupi@gmail.com

Line@ : @mrs9248u

Facebook : facebook.com/ukmbaqiupi

Twitter : twitter.com/baqiupi

Instagram: instagram.com/baqiupi


 

Load disqus comments

0 komentar